Analisis Perilaku Konsumen Sepatu Compass

Bagikan

 

Sepatu compass merupakan brand sepatu lokal yang berasal dari Jawa Barat tepatnya di kota bandung, sepatu compass sudah ada sejak tahun 1998 yang di dirikan oleh bapak Kahar Gunawan. Tetapi, sejak awal sepatu compass memasarkan produk nya mengalami masa kesulitan karena pada era tersebut compass sebagai brand baru harus bersaing dengan brand sepatu lainya, mulai dari brand dalam negri maupun luar negri, pada tahun 1998 juga terjadi krisis ekonomi yang membuat sepatu compass mengalami masa masa sulit. Setelah sekian lama compass mengalami masa sulitnya dengan komitmen dan konsistensi dari sang pemilik tentu itu bukan suatu alasan untuk menyerah, masa sulit dalam menjalankan suatu bisnis merupakan hal yang wajar, tetapi Kahar Gunawan sang pendiri sepatu compass tentu tidak akan menyerah begitu saja. Karena memiliki Visi yang kuat untuk membangun pabrik sepatu berdasarkan visi dari ayah sang pemilik, yaitu almarhum Kahar setiadi. Mempunyai visi yang kuat membuat Kahar Gunawan tidak menyerah, sang pemilik sangat ingin bisnis sepatu yang sudah didirikan dapat berkembang sebagai brand lokal yang berkualitas.

    Ditahun 2017 adalah awal kebangkitan bagi sepatu compass dengan melakukan upaya agar masyarakat merasa bangga dengan produk-produk lokal di Indonesia dan tertarik untuk menggunakannya, hal ini yang membuat Kahar Gunawan tidak menyerah dan terus memperjuangkan agar sepatu compass dapat di kenal oleh masyarakat di Indonesia dan menjadi produk lokal kebanggan Indonesia. Dibalik awal kebangkitan sepatu compass ada satu tokoh pendorong dari seorang Creative Director yaitu Aji Handoko, beliau yang mengembangkan sisi kreatife dan strategi bisnis sepatu compass. Sejak saat itu Kahar Gunawan dan Aji Handoko membangun ulang brand sepatu compass yang sudah di dirikan sejak tahun 1998. Aji Handoko mendesain sepatu pertamanya yang bernama Compass Gazelle, yang di mana produk ini menjadi awal kebangkitan dari sepatu compass di tahun 2018. Re-branding ini berhasil mendorong compass menembus pasar sneakers lokal Indonesia, Sejak saat itu sepatu compass menjadi salah satu sepatu paling diminati dan di cari oleh kalangan muda.

Seiring berjalanya waktu sepatu kompas mulai merilis banyak sepatu dengan mengedepankan kualitas yang berbeda dari brand sepatu lainya, compass selalu mengutamakan desain yang unik di sertai dengan cerita dari desain tersebut dengan kata lain storytelling, sehinga masyarakat merasa bangga membeli dan menggunakan sepatu compass. Tidak hanya mengedepankan desain yang di sertai storytelling, compass juga mengedepankan kualitas yang bagus dan memberikan kepuasan kepada masyarakat yang memakai sepatu compass, hal ini menjadi suatu keunggulan dari brand sepatu compass yang tidak kalah saing dengan brand sepatu lain. Tetapi sepatu compass sangat sulit untuk di dapatkan sehingga banyak masyarakat menyebut sepatu compass sebagai sepatu gaib, karena banyak yang memburu sepatu compass dengan minimnya produksi yang di pasarkan olah brand tersebut, membuat masyarakat kesulitan untuk mendapatkan produk dari sepatu compass tersebut, tidak heran brand sepatu ini di sebut sebagai sepatu gaib karena setiap kali compass meluncurkan produk barunya selalu habis dalam hitungan jam bahkan dalam hitungan menit. Dengan memasarkan produk sepatu yang unik dan memiliki storytelling di setiap rilisan sepatunya, compass mempunyai stategi untuk meningkatkan pendekatan dengan target pasarnya dengan berbagai macam strategi, mulai dari menggandeng media fashion ternama menjadi awal mula sepatu compass banyak di kenal oleh masyarakat, media fashion menyebarkan informasi tentang sepatu compass salah satu brand lokal yang unik melalui media platform (instagram, youtube & website). Selain itu compass melakukan strategi pasar dengan berkolaborasi dengan influencer sekaligus social media manager S.O.C yang bernama Bryant Notodiharjo. Kolaborasi ini di beri nama Bravo 001, kolaborasi ini di rilis pada 7 februari tahun 2019 tepat nya di senayan city, Jakarta dalam event Jakarta Sneakers Day. Sepatu kolaborasi ini di produksi hanya 100 pasang saja, sehingga membutuhkan waktu 90 menit saja sepatu kolaborasi 001 itu sold out. Sangat terbatas jumlah stok artikel Bravo 001 menjadi sepatu yang langka dan membuat harga resel melambung tinggi sampai Rp5.000.000,00 Sedangkan harga retail dari sepatu tersebut hanya Rp398.000,00. Setelah merilis artikel kolaborasi Bravo 001, compass melakukan banyak kolaborasi-kolaborasi lainya.

  1. Compass X Elderscompany
  2. Compass X Pot Meets Pop
  3. Compass X Oldblue co
  4. Compass X Mata Najwa
  5. Compass X Bank BCA
  6. Compass X Kelompok Penerbang Roket (KPR) Grup band asal Jakarta

Kolaborasi dengan KPR ini di luncurkan dengan sangat unik, meluncurkan produk melalui tur Collaboration Meroket yang di luncurkan di berbagai kota yaitu di kota Bandung, Surabaya, Makasar, Bali dan Jakarta. Strategi lainnya dari sepatu compass yaitu strategi produksi. Mempunyai keunikan setiap desain produk yang memiliki storytelling, Compass sangat memperhatikan kulitas produknya sehingga compass memproduksi dengan jumlah yang tidak banyak. Hal ini guna menjaga nilai kualitas dan perusahaan yang sudah ada puluhan tahun sejak tahun 1998. Dengan minim nya produksi sepatu compass menjadikan harga resell sepatu compass menjadi sangat tinggi di bandingkan dengan harga retailnya, Hal ini menjadikan sepatu compass langka dan sangat istimewah apabila kita memilikinya.

    Setiap brand mempunyai kekuragan dan kelebihanya masing-masing, sepatu compass itu sendiri memiliki kekurangan dimana setiap rilisan sepatu barunya sangat sulit untuk di dapatkan, hal ini di karenakan stok nya yang terbatas dan setiap rilisanya sangat di buru oleh masyarakat terutama kalangan pemuda di indonesia. Kelebihan dari sepatu compass yaitu memiliki design yang unik dan mempunyai kualitas yang dapat bersaing dengan brand ternama, selain itu kelebihan dari sepatu compass yang memiliki design unik dan kualitas yang bagus, sepatu compass memberikan harga yang cukup terjangkau.

    Jika dilihat data penjualan sepatu compass di tahun 2019 & 2020 dari situs https://barisan.co/compass-sepatu-gaib-buatan-indonesia-yang-mendunia/ di tahun 2019 sepatu compass hanya menyediakan 1600 pasang setiap bulanya di masing masing koleksi sepatu compass, pada tahun 2020 semakin banyaknya permintaan dari masyarakat yang menyukai sepatu compass untuk menaikan jumlah pasang sepatu nya, dan akhirnya compass menambahkan pabriknya sehingga mampu merealis 3000-5000 pasang sepatu setiap bulanya. Setiap rilisan sepatu compass selalu terjual habis, hal ini dikarenakan sepatu compass sangat di buru oleh masyarakat.

    Berdasarkan paparan di atas dapat di simpulkan bahwa Sepatu Compass merupakan brand sepatu lokal yang sukses menembus targer pasarnya dengan berbagai strategi pemasaranya, hal ini tentunya sangat berpengaruh terhadap kesuksesan sepatu compass yang sudah ada sejak tahun 1998 hingga saat ini, dengan memperhatikan desain serta storytelling di setiap rilisan produknya menjadikan Produk-produk dari sepatu compass sangat unik dan istimewah. Saran yang dapat di berikan kepada Sepatu Compass adalah menambahkan kapasitas produksi untuk produk selajutnya, karena sepatu compass sudah menjadi suatu perusahaan yang besar sehingga masyarakat melihat bahwa sepatu compass mampu menambahkan kapasitas produksinya guna memperluas jangkauan pembelian dan mempermudah masyarakat untuk mendapatkan produk dari sepatu compass.

Dapatkan Promo spesial sekarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan

Kirim Artikel

Ingin menulis di Inspiring Menulis? Berikut cara mudah untuk mengirim artikel.

Berita terbaru

Masuk | Daftar

Masuk atau daftar dulu biar bisa komen, bikin konten dan atur notifikasi konten favoritmu. Yuk!

Atau Gunakan