Ritual Malam 1 Syuro Menurut Islam

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

 9,126 total views,  1 views today

Inspiring Menulis – Bolehkah merayakan ritual malam 1 Syuro untuk menyambut bulan Muharram?
Datangnya tahun baru Islam erat kaitannya dengan malam satu Syuro serta beragam tradisi atau perayaannya. Bulan Muharram atau Syuro merupakan bulan yang diyakini oleh umat Islam sebagai bulan suci atau bulan istimewa. Melakukan amalan-amalan kebaikan di bulan tersebut akan mendapat pahala yang berlipat ganda. Dalam budaya masyarakat Jawa, malam peringatan tahun baru tersebut dianggap sakral. Mereka memiliki beberapa tradisi untuk memperingati malam satu Syuro.

Ketika malam satu Syuro beberapa umat Islam Jawa melakukan ritual yang mendekatkan diri kepada Tuhan melalui cara melakukan sholat tolak bala’, membersihkan diri  serta melawan hawa nafsu manusiawinya. Oleh karena itu, mereka menjalankan upacara individu, seperti tirakat, lelaku atau perenungan diri. Ada juga yang melakukan selametan khusus selama seminggu.

 

Masyarakat kejawen pada zaman dahulu telah meyakini bahwa musibah dan bencana datang pada malam satu Syuro juga dikenal sebagai tradisi ruwatan untuk membuang sial. Padahal, malam satu Syuro adalah malam yang penuh kemuliaan bagi umat Islam.
Dalam agama Islam, bulan Muharram merupakan salah satu di antara empat bulan yang dinamakan bulan haram.

Allah ta’ala berfirman pada surat At-Taubah ayat 36 :

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

Yang artinya: ”Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, sebagaimana dalam ketetapan Allah pada waktu menciptakan langit dan bumi, diantaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dalam bulan empat itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketauhilah Allah bersama orang-orang yang bertaqwa.”

Pada malam satu Syuro, umat Islam melakukan amalan-amalan awalusannah, yaitu setelah magrib tanggal satu Muharram dianjurkan membaca doa tahun atau satu Syuro, namun sebelum membaca doa awal tahun sangat dianjurkan membaca Sholawat Nabi.
(اَللّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ )
Baqiyatus sholihat (سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ وَلاَ إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ ).

Di dalam agama Islam juga dianjurkan melakukan puasa asyura pada tanggal satu muharram sampai tanggal ke sepuluh bulan Muharram.
Ada banyak sekali mitos pada bulan Syuro yang dipercaya sebagian masyarakat Jawa, terutama umat Islam, di antaranya adalah tidak diperbolehkannya melakukan acara pernikahan; karena hal tersebut diyakini akan mengakibatkan tidak langgengnya pernikahan; tidak diperbolehkannya pindah rumah; kembalinya arwah leluhur ke rumah; mengunjungi tempat-tempat sakral dan keramat, contohnya mengunjungi makam keramat untuk memperoleh kekayaan, pelaris rezeki hingga jodoh. Namun, ada juga ritual melempar sesaji, makanan, kurban ke laut dianggap sebagai sebuah sedekah.

Selain itu ada yang melakukan ritual mandi di tempat-tempat yang mempunyai kronologi mistis dengan tujuan supaya awet muda. Karena dawuh para kyai, jika mitos-mitos tersebut diyakini empat puluh waliyullah maka akan menjadi fakta.

Menyikapi ritual-ritual atau adat istiadat dalam pandangan Islam selama tradisi tersebut bukan suatu hal yang di haramkan, maka tidaklah masalah. Dalam kalangan madzhab Hanbali di kitabnya Al-Funun, sebagaimana dikemukakan Ibnu Rajab Al-Hanbali dalam kitab Al-Adab Asy-Syar’iyyah Ibnu Aqil menyatakan “Tidak etis menentang tradisi masyarakat kecuali tradisi yang diharamkan.” Justru kegiatan-kegiatan tersebut merupakan bentuk rasa syukur kita dan kebahagiaan menyambut tahun baru Hijriyah.

Sumber gambar: fakta9.com & pexels.com

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Berita Populer

Lentera Hakiki – Inspiring Band

 4,900 total views,  244 views today

 4,900 total views,  244 views today Terimalah persembahan dari Inspiring Band Album

Fifth Grade Teacher

 4,394 total views,  249 views today

 4,394 total views,  249 views today Katanya, tahun kelima itu berat Nyatanya,

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Kirim Artikel

Ingin menulis di Inspiring Menulis? Berikut cara mudah untuk mengirim artikel.

Berita terbaru

Fifth Grade Teacher

 4,395 total views,  250 views today

 4,395 total views,  250 views today Katanya, tahun kelima itu berat Nyatanya,

Lentera Hakiki – Inspiring Band

 4,901 total views,  245 views today

 4,901 total views,  245 views today Terimalah persembahan dari Inspiring Band Album

Kayu yang Ideal

 8,052 total views,  123 views today

 8,052 total views,  123 views today Diri ini bagaikan seorang tukang kayu,

Asiyah, Ra, Ka, dan Ha

 14,232 total views,  130 views today

 14,232 total views,  130 views today Mesir, pasca jatuhnya raja Akhenaten. Asiyah

Tekad

 13,601 total views,  123 views today

 13,601 total views,  123 views today Kubuat celah pada sebuah rasa Kubuat

Obat overthinking – Inspiring Cast

 15,548 total views,  126 views today

 15,548 total views,  126 views today Cuplikan spotify Disampaikan oleh Septiadi Akbar

Masuk | Daftar

Masuk atau daftar dulu biar bisa komen, bikin konten dan atur notifikasi konten favoritmu. Yuk!

Atau Gunakan