Menjaga Lingkungan, Menjaga Hidup

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

 236 total views,  2 views today

Lingkungan merupakan tempat dimana makhluq hidup beraktivitas. Keadaan lingkungan dapat mengidentifisikan subjek yang menempati lingkungan tersebut. Perawatan lingkungan yang baik dengan cara yang sederhana dapat dilakukan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Sampah sangat berpengaruh terhadap lingkungan mulai dari keindahan, kebersihan, hingga keadaan di masa mendatang. Pencemaran sampah di sungai dapat menyebabkan penyumbatan yang akan berujung pencemaran alam dan bahkan banjir.

Berbagai himbauan penerapan lingkungan bersih dan sehat telah diupayakan oleh pemerintah. Tetapi cara tersebut kurang efektif dalam pengelolaan lingkungan. Karena himbauan hanya berpatok pada kesadaran masyarakatnya, tanpa ada aksi nyata dari pemerintah, hal tersebut hanyalah candaan tertulis yang tidak akan digubris. Terdapat beberapa kota Indonesia yang memiliki lingkungan yang terawat. Hal tersebut karena adanya upaya nyata dari pemerintah dalam penanganan sampah dan lingkungan hidup. Pembersihan dan perawatan fasilitas umum disekitar kota sangat diperhatikan. Selain petugas, para masyarakatnya juga akan diberi sanksi jika mencemari lingkungan sekitar serta tidak bertanggungjawab atas penggunaan fasilitas umum.

Jika berbicara tentang lingkungan dan sampah, tidak hanya berkaitan dengan sampah yang sering kita jumpai seperti sampah plastic dan sebagainya. Limbah pabrik juga termasuk sampah yang juga sangat berbahaya bagi lingkungan. Khususnya limbah cair yang dibuang disembarang sungai dan bermuara ke laut. Keacuhan pemerintah terdadap kelayakan pabrik membuat pihak yang seharusnya bertanggungjawab menjadi tak memiliki beban terhadap limbah yang dihasilkan dari pabrik tersebut. Dalam hal ini, pemerintah harus memiliki control atas kelayakan perusahaan khususnya perusahaan industry yang menghasilkan berbagai macam limbah.

Pengecekan rutin terhadap lingkungan sekitar perusahaan juga menjadi salah satu upaya pemerintah atas hal tersebut. Pencemaran lingkungan yang diakibatkan ulah manusia, dapat membahayakan manusia lain maupun dirinya sendiri. Berkuranganya pasokan air bersih serta polusi akibat gas pembuangan menjadi masalah utama pencemara lingkungan. Lingkungan yang tidak terawat pada akhirnya akan menimbulkan wabah penyaikit yang membahayakan berbagai pihak.

Pencemaran lingkungan yang terjadi di Indonesia adalah akibat dari ketidaksadaran masyarakat yang tinggal di sekitarnya. Sebagai masyarakat, kita juga memiliki andil terhadap perawatan lingkungan disekitar kita. Dari tindakan kecil seperti membuang sampah pada tempatnya dan pada waktunya dapat menyelamtkan lingkungan hidup dan hidup kita juga. Dilingkungan tertutup seperti asrama, biasanya sampah dibiarkan menumpuk baru setelah itu dibuang. Hal tersebut juga  menjadi kendala terwujudnya lingkungan bersih dan sehat. Meskipun sampah telah dibuang ditempatnya, tidak dianjurkan untuk menumpuknya hingga beberapa hari. Alangkah baiknya jika sampah tersebut segera dibuang di tempat pembuangan umum.

Lembaga Oraganisasi Dunia, PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) juga telah mengupayakan terciptanya lingkungan kota sehat dan lingkungan yang terawat. Dunia telah melihat kerusakan di Bumi berawal dari lingkungan yang kurang terawat. Jika Negara-negara di dunia telah mengupayakan terciptanya lingkungan yang asri, kita sebagai pelaksananya juga harus mengupayakan yang terbaik. Upaya-upaya kecil dari diri kita sendiri dapat berdampak ke orang lain serta lingkungan sekitar. Menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat bukan sekedar membantu pemerintah menuntaskan program kerjanya, tetapi hal tersebut merupakan kewajiban serta kebutuhan kita untuk tinggal di lingkungan dan bumi yang layak.

Penulis : Aliffah Febiyola Anggraini
University of Darussalam Gontor
International Relation Department

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Berita Populer

logika juga ilusi - inspiring menulis

Logika Juga Ilusi

 3,042 total views,  46 views today

 3,042 total views,  46 views today Inspiring Menulis – Ketika sedang jalan-jalan,

Kirim Artikel

Ingin menulis di Inspiring Menulis? Berikut cara mudah untuk mengirim artikel.

Berita terbaru

Logika Juga Ilusi

 3,043 total views,  47 views today

 3,043 total views,  47 views today Inspiring Menulis – Ketika sedang jalan-jalan,

Sejatinya kita sama, Manusia

 5,642 total views,  25 views today

 5,642 total views,  25 views today Seorang yang selalu terlihat bahagia, bukan

Faidah Hadist Pertama Arbain Nawawi: Niat

 6,708 total views,  25 views today

 6,708 total views,  25 views today عن عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللَّهُ

Hakikat dari Syariat

 8,255 total views,  25 views today

 8,255 total views,  25 views today Islam yang telah Allah ta’ala ridhoi

Kehidupan

 8,784 total views,  25 views today

 8,784 total views,  25 views today Waktu kian cepat berlalu Meninggalkan apa-

Masuk | Daftar

Masuk atau daftar dulu biar bisa komen, bikin konten dan atur notifikasi konten favoritmu. Yuk!

Atau Gunakan